7 Bencana Hebat Yang Pernah Terjadi Di Cina Tidak Disangka Ternyata Bencana Ini Diakibatkan Manusia

China memang punya sejarah panjang bagaimana bencana alam seperti banjir, gemba bumi hingga tanah longsor pernah memporak-porandakan daerahnya dan menyebabkan banyak warganya tewas. Selain itu, Negeri Tirai Bambu ini juga sering tertimpa bencana hebat yang disebabkan oleh ulah dan kelalaian manusia.

7 bencana hebat yang menimpa China ini awalnya disebabkan oleh kelalaian warga mereka sendiri. Apa sajakah itu?

1. Meledaknya pabrik bahan kimia di Tianjin 2015.

Gaul

Semoga Jangan Terulang Lagi

Pemerintah China mengatakan bahwa ledakan ini diakibatkan oleh kurangnya pengawasan dan prosedur keamanan dalam pabrik itu sendiri hingga menyebabkan adanya faktor yang memicu ledakan dahsyat yang menewaskan 114 orang tersebut.

Gaul

2. Kebakaran di pabrik Dehui Poultry 2013.

Gaul

Kebakaran ini menewaskan 120 orang pekerja pabrik yang terpanggang karena tidak bisa keluar dari pabrik yang pintunya dikunci dari luar agar tak ada yang pergi disaat jam kerja.

3. Polusi Sungai Yangtze.

Gaul

Semoga Jangan Terulang Lagi

Pada 7 September 2012, Sungai Yangtze airnya berwarna merah karena banyaknya pabrik yang membuang limbah kimia di sungai ini. Akibatnya infeksi bakteri E.Colo merebak dan meningginya kasus disentri dan hepatitis sebanyak 50%.

4. Tumpahan Oli di Sungai Kuning.

Gaul

Pada tahun 2009, 40 ribu galon minyak untuk diesel tumpah di Sungai Kuning yang kemudian mengganggu suplai air bersih masyarakat sekitar. Banyak yang menuding bencana ini diakibatkan kecerobohan pekerja yang membawa minyak tersebut.

5. Tragedi tambang Shanxi.

Gaul

Akibat ketidakberesan pada aturan keselamatan yang disusun pemerintah, tambang ilegal di Provinsi Shanxi longsor dan menewaskan 250 pekerja.

6. Ledakan pabrik aluminium di Weiqiao.

Gaul

Sebanyak 14 pekerja tewas dalam ledakan di tahun 2007 lalu. Pabrik aluminium meledak karena adanya heat liner yang rusak dan menyalahkan pekerja atas kecelakaan tersebut. Sementara pihak lain menyalahkan lemahnya peraturan keselamatan serta kurangnya desain dan konstruksi pabrik.

7. Tragedi Bendungan Banqiao.

Gaul

Arsitek bendungan ini disalahkan karena desainnya yang kurang memadai untuk menampung air dalam jumlah banyak. Tragedi terjadi ketika hujan lebat berhari-hari melanda Henan pada Agustus 1975. Bendungan tak mampu menampung jumlah air menyebabkan banjir yang menewaskan 26 ribu orang.

Sumber (Kekinian)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *