Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

14 kebiasaan sehari-hari yang sepertinya normal-normal saja, tidak akan berakibat buruk, SEBENARNYA memiliki efek yang sangat, sangat, sangat fatal terhadap keremajaan sel-sel kulit! Bila kebiasaan-kebiasaan ini sering dilakukan, maka dalam kurun waktu panjang akan mengakibatkan penuaan dini!

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

Apa Saja Kebiasaan Kebiasaan Sehari Hari Kita Yang Bikin Kita Cepat Tua? Ayo Baca Mumpung Masih Keburu Diubah

Duduk terlalu lama

Studi menemukan bahwa duduk dalam waktu panjang akan membuat metabolisme tubuh menjadi lamban. Jika tidak segera diubah, lama kelamaan akan lebih mudah terserang tekanan darah tinggi atau diabetes. Sebaiknya, sekali-sekali beranjak dari tempat duduk dan beraktivitas!

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

Psikolog menyatakan walaupun pergi ke gym setiap hari juga termasuk olahraga, namun ada beberapa yang dilakukan dengan cara duduk, itu juga sama saja duduk. Anak kantoran disarankan lebih baik mengembangkan kebiasaan berdiri, misalnya jalan-jalan 30 menit sekali. Setelah duduk lama, ingat bangun dari tempat duduk untuk melakukan perenggangan, dari leher, dada sampai kaki.

Gaul

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk mengatur glukosa, sekaligus mengurangi sekresi leptin, menyebabkan sekresi ghrelin meningkat, orang-orang jadi cepat merasa lapar, secara tidak langsung mengakibatkan metabolisme lemak yang kurang normal. Dokter merekomendasikan setidaknya tidur selama 7 jam sehari.

Apa Saja Kebiasaan Kebiasaan Sehari Hari Kita Yang Bikin Kita Cepat Tua? Ayo Baca Mumpung Masih Keburu Diubah

3. Jarang cuci tangan

Adenovirus adalah virus yang umum yang dapat menginfeksi saluran pernapasan, saluran pencernaan dan organ lainnya, dapat menyebabkan gangguan metabolisme sel, seringkali menular melalui batuk, bersin dan tangan yang kotor. Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum makan, untuk menghindari risiko terinfeksi virus, guna melindungi metabolisme tubuh yang sehat.

4. Mengkonsumsi alkohol berlebihan

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

Asupan alkohol yang tinggi akan membebani hati, menganggu metabolisme dan lemak lebih mudah menumpuk. Tetapi, US Centers for Disease Control di Atlanta menemukan bahwa meminum bir anggur dalam jumlah kecil dapat meningkatkan peredaran darah dan juga metabolisme. Jadi, boleh minum sedikit bir anggur, tapi hindari minum bir lain secara berlebihan.

5. Tidak mencuci buah dan sayuran

Semua buah dan sayuran harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan atau dimasak! Pestisida yang menempel pada buah dan sayuran mengandung zat-zat beracun yang sangat fatal bagi tubuh setelah dicerna dan akan disimpan dalam sel lemak yang mengganggu metabolisme energi dan memperlambat laju metabolisme. Cara mencuci buah dan sayuran yang terbaik adalah dengan digosok di bawah air mengalir selama 30 detik. Boleh juga direndam di dalam air sebentar dengan ditambah sedikit tepung, gosok dan kemudian bilas. Untuk sayuran yang berdaun lebih baik dilakukan beberapa kali.

6. Mengkonsumsi makanan olahan

Nasi putih, mie, kue-kuean, biskuit dan makanan olahan lainnya dapat menyebabkan defisiensi vitamin B & E, dan akan mengurangi asupan kalium, seng, besi dan elemen lainnya. Lama kelamaan, tubuh akan kekurangan vitamin dan metabolisme tubuh jadi terganggu.

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

Makanlah makanan dengan protein berkualitas tinggi, seperti ikan, udang, kacang, dll. Oat dan makanan yang terbuat dari gandum sangat kaya akan serat, dapat menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan dan membantu metabolisme tubuh.

7. Tidak makan pedas

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai akan merangsang metabolisme, memungkinkan tubuh untuk mempercepat aktivitas sel dan membantu mengontrol berat badan. Boleh atur sendiri makan pedas sesuai selera Anda, seperti lada, mustard atau merica.

Ketika makan makanan pedas, lebih baik digabung dengan makanan yang bersifat dingin, seperti daging bebek, ikan, pare, akar teratai, dll. Jangan mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga, nanti sakit perut dan bisa-bisa panas dalam.

8. Tidak pernah minum teh atau kopi

Banyak orang takut tidak bisa tidur, jadi tidak pernah mau minum teh dan kopi. Tapi, sebenarnya kafein dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum minuman berkafein dalam jumlah kecil sehari-hari dapat mempercepat metabolisme tubuh sekitar 5 sampai 8%.

Selain itu, secangkir teh panas dapat meningkatkan metabolisme sebesar 12%. Ini karena polifenol dalam teh dapat meningkatkan pererakan usus, memperlancar metabolisme. Hati-hati! Penderita Hipertensi, Osteoporosis, dan gangguan tidur harus melalui saran dokter kalau mau minum teh atau kopi.

9. Tidak suka minum air

Sudah banyak sekali studi menemukan bahwa harus minum setidaknya 6 sampai 8 gelas air sehari untuk menjaga metabolisme yang sehat, mencegah sembelit, meningkatkan pencernaan dan menjaga sistem peredaran darah yang normal, tapi masih saja banyak orang yang kurang minum air. Sirup, teh, minuman manis dan dingin lainnya tidak boleh diminum sebagai pengganti air putih!

10. Tidak sarapan

Studi menemukan, apabila tidak sarapan maka aktivitas otak akan terganggu. Dengan membiarkan perut kosong, alhasil makan siang dan makan malam jadi lebih banyak, inilah yang menyebabkan orang-orang mengalami kegemukan, gangguang metabolisme, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Studi juga menunjukkan bahwa sarapan yang baik dapat mengontrol gula darah dan lemak darah dalam batas normal, semakin rendah risiko terkena penyakit metabolik.

11. Waktu makan dipisah terlalu lama

Orang harus makan 3 kali sehari. Jika hanya makan 2 kali, maka jarak antara waktu makan yang pertama dengan yang kedua akan menjadi jauh. Bila tubuh dibiarkan lapar untuk waktu yang lama, otomatis tingkat metabolisme akan melambat. Interval makan yang baik adalah sekitar 4 sampai 6 jam. Boleh ngemil di tengah-tengah, tapi sebaiknya ngemil sehat, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

12. Pola makan tidak teratur

Banyak orang yang tidak mengontrol pola makan sendiri, misalnya sekali makan sampai kenyang b
anget. Kalau begitu terus, lama-kelamaan akan mengakibatkan lemak darah yang tidak terkontrol, karena asupan kalori yang terlalu tinggi. Ada juga orang yang takut gemuk jadi diet, gak makan, ini juga salah! Metabolisme tubuh akan melambat, malah tambah mudah gemuk!

Penelitian telah menunjukkan bahwa bila 3 hari tidak makan, fungsi metabolisme akan rusak. Oleh karena itu, mau mengontrol berat badan, lebih banyak makan buah dan sayuran dengan serat tinggi, makanan rendah kalori, dan boleh mengganti nasi putih dengan nasi merah atau beras lainnya yang lebih sehat.

13. Tidak terkena sinar matahari pagi

Banyak orang takut hitam jadi lebih suka berada di dalam ruangan. Tapi, paparan sinar matahari pagi sebenarnya tidak membuat hitam, paling sehat, dan dapat mencukupi kadar vitamin D dalam tubuh. Jika kekurangan Vitamin D, maka akan menyebabkan berbagai macam penyakit tulang! Jadi, setelah makan pagi, coba jalan-jalan keluar.

Vitamin D juga bisa didapat dari makanan seperti ikan salmon, udang, jamur, telur, susu dan lain sebagainya.

14. Stres

Berhentilah Melakukan 14 Kebiasaan Ini Apabila Kamu Tidak Ingin Cepat Tua Gawat No 1 Susah Banget Buat Yang Ngantor &amp Kuliah

Berada dibawah tekanan mental atau psikologis, lama-kelamaan akan menyebabkan gangguan sistem hormon dan metabolisme melambat. Inilah kenapa orang kalau stres sering muncul jerawat. Ketika merasa tertekan, pertama kita harus memilah akar penyebab stres, ubah pola fikir kita, dan hindari segala bentuk emosi yang negatif.

Selain itu, Anda dapat bisa mencoba istirahat yang cukup, relaksasi, olahraga, curhat dengan teman-teman atau melakukan hobi-hobi Anda, dengan tujuan untuk kompres jiwa dan tubuh Anda.

Sumber (Tragedi)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *