Hati Hati Konsumsi 9 Makanan Dan Obat Ini Di Waktu Bersamaan Bisa Berakibat Fatal Bagi Hidupmu 7 Wajib Tau

Kita pastinya tau kan kalo minum obat itu harus sesuai dengan anjuran dan cara minum obatnya, gak boleh sembarangan minum! Nah, kali ini Cerpen akan membahas 9 list makanan atau minuman yang tidak boleh kita konsumsi bersamaan dengan obat yang kita minum. Yuk kita simak sama-sama! Demi kesehatan dan kelangsungan hidup…

1. Bronchial spasmolytics 

(untuk penderita asma, penyakit paru-paru atau gangguan pernafasan lainnya)

Obat: theophylline, albuterol.

Gak Boleh Anggap Remeh Nih Fatal Banget Kalo Sampe Kita Abaikan

Hindari: Makanan atau minuman yang mengandung zat kafein

Gaul

Gaul

Obat-obat ini akan menstimulasi sistem ketegangan jadi, ada baiknya untuk mengurangi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan ketegangan atau kegelisahan selama proses penyembuhan. Terutama theophylline, zat kafein justru akan menambah kandungan racun dalam tubuhmu. Kamu juga harus mengurangi makanan berlemak selama mengkonsumsi obat ini, dikarenakan bisa mengakibatkan overdosis.

2. Obat Antihypertensive

Gak Boleh Anggap Remeh Nih Fatal Banget Kalo Sampe Kita Abaikan

(untuk penderita gangguan jantung atau gagal ginjal

Gaul

Obat: captopril, enalapril, ramipril

Hindari: makanan yang kaya akan zat potassium

Obat-obatan ini akan meningkatkan kandungan potassium dalam darahmu yang akan mempengaruhi detakan jantungmu dan menyebabkan sesak nafas. Itulah sebabnya kamu harus mengurangi konsumsi pisang, kentang, kedelai dan bayam selama proses penyembuhan.

3. Obat Anti-arrhythmic

(untuk penderita gagal jantung)

Gaul

Obat: digoxin

Hindari: licorice

Licorice atau minuman keras yang mengandung asam glycyrrhizic yang akan berinteraksi dengan digoxin akan menyebabkan gangguan pada detak jantung bahkan dapat mengalami serangan jantung mendadak. Zat ini juga ada di manisan, kue dan kembang gula lainnya.

4. Obat penurun kolesterol

(untuk mereka yang menderita obesitas, diabetes dan gangguan kardiovaskular/jantung)

Gaul

Obat: atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, simvastatin, rosuvastatin, pravastatin

Hindari: Grapefruit/jeruk bali merah

Grapefruit akan menajamkan tingkat penyerapan obat yang akan mengakibatkan resiko overdosis dan menyebabkan efek samping. 1 tablet obat tersebut dikonsumsi bersamaan dengan grapefruit sama dengan kamu mengkonsumsi 20 tablet sekaligus. Ini juga berlaku untuk jenis jeruk lainnya.

5. Darah encer

(untuk proses menggumpalkan darah)

Gaul

Obat: warfarin

Hindari: obat yang dapat menambah darah, terutama makanan yang kaya akan vitamin K

Saat mengkonsumsi obat ini, kamu harus mengurangi makan cranberry, bawang putih, jahe, lada, kayu manis dan kunyit. Makanan ini dapat mengentalkan darahmu namun jika dikonsumsi bersamaan dengan obat warfarin dapat menyebabkan 'pendarahan'. Di sisi lain, vitamin K dapat mengurangi efek obatnya, makanan yang kaya akan vitamin K antara lain bayam, brokoli, kubis dan lobak.

6. Hormon Thyroid

(untuk menyembuhkan hipotiroid – penurunan fungsi kelenjar toroid)

Gaul

Obat: levothyroxine

Hindari: kedelai, chestnut, serat

Mengkonsumsi levothyroxine atau obat-obatan yang sejenisnya (euthyrox, bagothyrox atau L-thyroxine) harus membatasi konsumsi atas kedelai dan makanan olahannya. Hal ini dikarenakan akan menghambat penyerapan obat tersebut. Kacang dan makanan kaya serat lainnya memiliki efek yang sama atas obat ini.

7. Antibiotik

(untuk menyembuhkan infeksi dari bakteri tertentu)

Gaul

Obat: tetracycline (dan obat sejenisnya), ciprofloxacin, penicillin

Hindari: produk susu

Antibiotik akan membentuk senyawa yang sulit diserap bersamaan dengan kalsium, yaitu kandungan yang terdapat di susu dan produk susu lainnya. Hal ini akan menyebabkan penurunan khasiat obat secara drastis.

8. Penawar rasa sakit

(untuk peradangan, nyeri otot dan sakit kepala)

Gaul

Obat: ibuprofen

Hindari: minuman bersoda

Obat ini tidak cocok dengan minuman bersoda. Karbon dioksida dan asam yang terkandung dalam minuman bersoda meningkatkan penyerapan obat dan meningkatkan kadar darahnya. Akibatnya, dosis tidak dapat dikendalikan dan risiko muncul zat racun yang berbahaya bagi ginjal.

9. Anti-depresi

(untuk gangguan tekanan yang berkepanjangan)

Gaul

Obat: tranylcypromine, phenelzine, nialamide

Hindari: makanan yang kaya akan zat tyramine

Obat ini mengandung penghambat Monoamine Oxidase yang dapat berinteraksi dengan tyramine dan dapat menyebabkan peningkatan darah kritis. Tyramine adalah asam amino yang terbentuk selama penuaan makanan yang kaya protein, semakin lama umur makanan semakin banyak juga tyramine yang diproduksi. Ini melimpah di keju, daging atau dendeng tua, sosis kering, dan daging kalengan atau ikan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sahabat Cerpen! Di share yuk!

Sumber (Kekinian)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *