Hati Hati Ternyata Terlalu Sering Keramas Bisa Berbahaya Loh Sebagian Besar Orang Gak Pernah Tahu Hal Ini

Kecantikan itu muncul dari banyak aspek. Namun menjaga kesehatan rambutmu dapat dimasukkan dalam salah satu aspek tersebut, sahabat Cerpen.

Kali ini Cerpen akan membahas beberapa cara kesalahan mendasar yang sering kita lakukan dapat membantumu untuk memperbaiki kesalahan tersebut guna memiliki rambut yang indah dan sehat.

1. Memilih shampoo yang "salah"

Gaul

Setelah Selesai Baca Ini Siap Siap Punya Rambut Yang Mengkilau Dan Sehat Ya Sahabat Cerpen

Memilih shampoo untuk rambutmu adalah hal yang terpenting bagi kesehatan rambutmu. Untuk menghindari bahaya-bahaya yang mengancam rambutmu, pastikan kamu akan memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu.

2. Terlalu "sering" atau "jarang" menyuci rambut

Gaul

Gaul

Setelah Selesai Baca Ini Siap Siap Punya Rambut Yang Mengkilau Dan Sehat Ya Sahabat Cerpen

Rekomendasi yang tepat untuk berapa lama sekali harus menyuci rambut, itu tergantung pada individu masing-masing, karena tipe rambut yang dimiliki tiap-tiap orang adalah berbeda-beda. Jika rambutmu berminyak, maka disarankan untuk menyuci rambut setiap 1-2 hari sekali.

3. Memakai shampoo dengan cara yang "salah"

Gaul

Sisirlah terlebih dahulu rambutmu sebelum dicuci. Banyaknya shampoo yang digunakan adalah tergantung dengan kepanjangan rambutmu. Jangan memakai shampoo dalam jumlah yang terlalu banyak.

Letakkan shampoo pada telapak tanganmu, gosok shampoo tersebut sampai muncul busa kemudian taruh busa shampoo tersebut sampai ke akar rambutmu. Pijit kepalamu dan pastikan gunakan ujung jari untuk memijit kulit kepala (jangan gunakan kuku, karena akan menimbulkan luka goresan pada kulit kepala).

4. Lupa untuk menggunakan produk melembutkan atau menutrisi rambut

Gaul

Segera gunakan produk pelembut rambut untuk rambut yang sering rontok. Kamu juga bisa menggunakan cream rambut atau masker rambut (pastikan produk tersebut tidak akan berdampak buruk bagi rambutmu). Untuk masker rambut, jangan menggunakannya lebih dari sekali dalam seminggu.

5. Temperatur air yang "salah"

Gaul

Banyak orang terbiasa menggunakan air "panas" untuk mencuci rambut, ini adalah masalah yang sangat serius. Air "panas" akan membuat warna rambutmu berubah dan akan menambah kadar minyak di kulit kepalamu. Idealnya, kamu harus menggunakan air hangat, ini akan membantu mengurangi minyak dan menyuci bersih kotoran-kotoran yang ada serta membantu melancarkan sirkulasi darah.

Yang terbaik adalah bilas kembali rambutmu dengan air dingin, karena itu akan membuat rambutmu terlihat lembut dan bersinar.

6. Keringkan rambut dengan handuk

Gaul

Setelah selesai menyuci rambut, lap rambutmu dengan handuk, jangan bungkus rambutmu dengan menggunakan handuk karena ini akan merusak folikel rambutmu (bagian kulit yang menumbuhkan rambut). Jika kamu mau mengeringkan rambutmu dengan cepat, gunakan kaos berbahan cotton, jangan gunakan handuk!

7. Sering menyisir rambut

Gaul

Keseringan menyisir rambut akan membuat rambutmu tertarik dan menjadi rapuh. Jangan sisir rambutmu setelah selesai keramas, tunggulah sampai tidak ada lagi tetesan air dan gunakan jarimu untuk memisahkan rambut-rambutmu. Setelah itu baru sisir rambutmu, pastikan menggunakan sisir yang renggang.

8. Terlalu sering menggunakan alat kecantikan rambut

Gaul

Pengering rambut, catokan dan alat lainnya yang sering kita gunakan dapat menyebabkan berkurangnya nutrisi cairan di rambut dan akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Jika kamu tetap sering menggunakan alat-alat itu, pastikan kamu menggunakan produk perawatan rambut tambahan sebelumnya.

9. Cara yang salah dalam menggunakan pengering rambut

Gaul

Cara yang salah saat menggunakan pengering rambut dapat merusak rambutmu. Mulailah dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk terlebih dahulu, kemudian kamu dapat menggunakan pengering rambut, tapi keringkan dulu bagian bawah rambut. Saat keadaan rambut masih terlalu basah, kamu bisa menggunakan temperatur yang tinggi dan perlahan turunkan temperaturnya.

10. Menghindari pemakaian topi

Gaul

Topi adalah pilihan yang tepat untuk menghindarkan sengatan sinar matahari bagi rambutmu. Ingat, saat memilih topi, pilihlah yang nyaman dipakai dan tidak terlalu sempit bagimu.

11. Tidak pernah mencuci sisir

Gaul

Kamu wajib mencuci sisirmu dengan air hangat setidaknya 1 minggu sekali, jangan lupa juga untuk membuang rambut-rambut rontok yang masih menempel di sisirmu.

12. Menolak untuk memotong rambut

Gaul

Sangat penting buat kamu memotong rambutmu setidaknya 2 bulan sekali. Dengan memotong ujung rambutmu yang sudah bercabang, akan menghindari rambutmu terbelah lebih panjang lagi.

13. Tidur dengan posisi rambut di bawah

Gaul

Jika kamu berambut panjang atau melebihi bahu, maka disarankan supaya kamu mengepangnya terlebih dahulu sebelum tidur. Ini akan mencegah rambutmu menjadi kusut dan keriting dan kamu pun gak usah menghabiskan waktu yang lama untuk bersiap-siap di pagi hari.

Sumber (Berita)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *