Oh My God Jariku Terpotong Jangan Panik Dulu Ini Loh Yang Perlu Kamu Lakuin Sebelum Buru Buru Ke Rs

Yang namanya musibah itu memang datangnya tak terduga. Lagi enak-enak mengiris bawang, eh sedikit saja menoleh, ternyata yang diiris malah jari sendiri. Reaksi apa yang biasanya seseorang lakukan kalau ini sampai terjadi? Berteriak histeris sambil panik buru-buru pergi ke rumah sakit, ataukah malah langsung pingsan seketika saking shock-nya?

Memahami pentingnya P3K alias Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Emma Hammett selaku suster berpengalaman yang berdomisili di London, kemudian mendirikan First Aid for Life. Emma mengajarkan kepada kita langkah apa saja yang harus dilakukan saat bencana tersebut terjadi.

Oh My God Jariku Terpotong Jangan Panik Dulu Ini Loh Yang Perlu Kamu Lakuin Sebelum Buru Buru Ke Rs

Tarik Nafas Dalam Dalam

"Kalau jari sampai benar-benar terpotong, maka penting sekali untuk merawat 'tunggul' jari bekas potongan tersebut lebih dulu. Duduklah dulu, tenangkan diri, lalu ambil kain bersih untuk menutupi dan menekan tunggul jari tersebut. Angkat tangan sehingga posisi jari berada di atas jantung. Pada saat ini Anda tak perlu khawatir dengan bagian yang terpotong tadi. Atasi dulu pendarahan yang terjadi," saran Emma.

"Selanjutnya ambil sisa jari yang terpotong tadi, jangan mencucinya. Segera bungkus dengan kain bersih, masukkan dalam plastik, dan simpan di dalam kantong atau wadah berisi banyak es batu. Jangan sampai es langsung mengenai bagian yang teramputasi karena bisa membuat potongan jarinya tidak bisa disambungkan lagi nantinya. Ingatlah bahwa Anda hanya mendinginkan, bukan membekukan potongan jari tersebut," ujar Emma.

Gaul

"Setelah itu, pergilah ke rumah sakit dan bawa pula potongan jari yang teramputasi tadi. Dan bila jarinya tak benar-benar terpotong, namun hanya 'menggelantung" maka 'satukan" dan bungkus dengan perban tapi jangan terlalu ketat. Tetap posisikan tangan naik ke atas, di atas jantung. Biar dokter yang menangani selanjutnya," tambah Emma.

Jadi sudah jelas ya teman-teman, kalau siapapun yang mengalami musibah semacam ini, yang penting jangan panik, dan lakukan saja tips di atas. Dan pastikan kalau teman-teman mengunjungi rumah sakit atau dokter yang tepat. Balik nyambung atau tidak jari itu, tergantung dari keahlian dokternya juga loh. Ingat, ini jari manusia yang sedang dipertaruhkan di sini.

Sumber (Kekinian)

Tarik Nafas Dalam Dalam

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *