Orang Yang Benar Benar Dewasa Memiliki Empat Kepribadian Ini Terlihat Mudah Tapi Tidak Semua Orang Mampu Apalagi Nomor 2

Aku selalu benci saat orang berkata, "Kamu harusnya dewasa dikit", namun kini aku mulai mengerti, apa yang orang bilang dewasa itu, bukanlah dewasa yang sebenarnya, karena dewasa yang dimaksud adalah "standar" yang sudah ditetapkan oleh manusia sendiri.

Jadi, kedewasaan yang sebenarnya adalah proses dimana diri ini terus merasa bahwa aku yang dahulu itu tidak baik dan berusaha untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik.

Karena itulah aku mangembil kesimpulan, kalau dewasa yang sebenarnya itu seperti ini.

Orang Yang Benar Benar Dewasa Memiliki Empat Kepribadian Ini Terlihat Mudah Tapi Tidak Semua Orang Mampu Apalagi Nomor 2

Cerpen Udah Punya Berapa Yah?

1. Waktu kamu akhirnya terdiam, kamu baru mulai dewasa

Gaul

Pagi itu aku pergi ke sekolah, seorang guru senior sedang memberitahukan petuah yang disampaikan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah. Semua guru-guru bertepuk tangan mendukung. Namun aku sama sekali tidak merasa senang, aku hanya membayangkan akan terus lembur namun tidak digaji. Aku terdiam, guru senior itu melihatku, kemudian waktu bubar dia berkata padaku, "Pak, kamu harus mendukung sekolah!" AKu hanya bisa tertawa, tak sanggup menjawab.

1 minggu berikutnya, kami terus lembur, banyak guru yang meminta pihak sekolah mengubah kebijakan ini, banyak guru yang mulai mengeluh dan ingin keluar dan mengajakku keluar bersama mereka, aku hanya tertawa dan menolak mereka sambil melanjutkan bahan pelajaran keesokan harinya.

Cerpen Udah Punya Berapa Yah?

Satu tahun kemudian, aku menjadi dosen sebuah universitas, setiap minggu aku hanya mengajar 10 mata kuliah saja, setengah dari pekerjaanku sebelumnya. Aku tak perlu lagi begadang untuk menyiapkan bahan mengajar. Aku melihat guru-guru yang dulu mengajakku keluar, masih mengajar di SMA tersebut dengan begitu sulitnya, mereka semua hanya mengeluh sepanjang hari.

Aku bukanlah orang yang introvert, tapi aku hanya diam untuk tidak mengucapkan kata-kata yang menyebalkan hanya untuk orang lain. Diam yang sebenarnya, itu saat kamu ingin lebih mengerti dunia ini dan mencoba untuk tidak berkata-kata. Diam, adalah cara hidup yang sebenarnya paling mudah.

Orang Yang Benar Benar Dewasa Memiliki Empat Kepribadian Ini Terlihat Mudah Tapi Tidak Semua Orang Mampu Apalagi Nomor 2

2. Menyayangi hidup di tengah dunia yang materialistik ini

Suatu kali ada sebuah kelas yang meminta aku dan guru Yang pergi mengajar di luar sekolah, kami dijemput oleh seorang penanggung jawab, di tengah perjalanan, dia menerima sebuah telepon. Dalam telepon itu terdengar ada sebuah paket yang datang, dia mengatakan kalau dia ada di luar dan meminta pegawai pengiriman paket untuk mengirimnya besok, namun pegawai itu menolak.

"Aku sedang mengantar dosen, ada masalah apa nanti baru ngomong lagi!" dia langsung menutup telepon.

Aku merasakan sopan santun dari penanggung jawab itu dari pertama aku dijemput dan masuk ke mobilnya, namun aku menyarankan dia untuk mengambil paket itu, karena kami bisa pergi sendiri. Namun guru Yang tiba-tiba ingin turun dari mobil dan membatalkan kelas, aku dan penanggung jawab itu kaget, namun bagaimanapun kami memohon, dia tidak mau berubah keputusan, dia juga tidak mau menjelaskan alasannya. Guru Yang memintaku untuk pergi bersamanya, tapi aku tidak rela untuk meninggalkan kelas yang sudah kujanjikan ini.

Kenyataannya, guru Yang benar, aku mengajar 5 hari di tempat itu, namun penanggung jawab tidak memberiku upahnya, belakangan dia bahkan tidak menerima teleponku. Paling parahnya, tempatku mengajar itu masih dengan sangat giat mencari murid, aku terus meminta upahku namun tetap tidak diberi, penanggung jawab itu malah mengancamku dengan alasan lain.

Dari situlah aku sangat kagum pada guru Yang, aku bertanya padanya mengapa dia bisa tahu kalau orang ini penipu.

"Pak, bapak itu tidak melihat apa, atau bapak pergilah belajar psikologi." katanya padaku.

"Seorang yang tidak sopan pada seorang pegawai, pastinya adalah orang yang sangat egois, aku juga tidak tahu kalau dia itu seorang penipu, tapi aku yakin kalau bekerja sama dengan orang seperti ini pasti rugi besar."

Aku tiba-tiba mengerti, kalau dalam setiap hal itu perlu dipikirkan dengan bai. Seorang yang tidak dewasa hanya memikirkan keuntungan dirinya saja, bahkan dengan menipu sekalipun mereka mampu.

Sejak saat itu aku selalu berusaha tersenyum pada pegawai pengiriman barang, aku juga selalu mengucapkan terima kasih pada pegawai restoran.

Orang Yang Benar Benar Dewasa Memiliki Empat Kepribadian Ini Terlihat Mudah Tapi Tidak Semua Orang Mampu Apalagi Nomor 2

3. Jangan meminta "janji" dari mulut orang lain

Banyak wanita yang waktu menemukan pasangannya selingkuh, sering pergi mencari selingkuhannya, aku merasa ini adalah hal yang sangat tidak masuk akal. Waktu kamu penuh dengan emosi dan menyalahkan pasanganmu, sedangkan selingkuhannya hanya berlindung di belakang punggung pasanganmu, saat itulah kamu mendorong pasanganmu makin jauh ke arah selingkuhannya.

Sebenarnya masalahnya bukan berada di janji yang pernah diucapkan pasanganmu, walaupun dia mungkin sudah berkata seribu kali kalau dia mencintaimu, nyatanya gak begitu. Jawabannya justru ada di dalam hatimu, kalau kamu rela hati menerima maafnya, kamu boleh memilih untuk memberinya sekali lagi kesempatan untuk kembali ke jalan yang benar. Tapi kalau kamu tidak mampu menerimanya, kamu boleh langsung memutuskannya disana.

Di dalam dunia ini tidak ada keputusan yang paling benar, yang ada hanyalah kebijaksanaanmu dalam memutuskan. Kamu tidak boleh meminta janji dari mulut orang lain, karena kamu bisa saja kecewa. Kamu tahu jelas kalau jawabannya ada di dalam hatimu.

Orang Yang Benar Benar Dewasa Memiliki Empat Kepribadian Ini Terlihat Mudah Tapi Tidak Semua Orang Mampu Apalagi Nomor 2

4. Orang yang dewasa lebih bisa menerima dirinya sendiri

Orang yang dewasa, itu sama di luar sama di dalam. Jangan menyalahkan diri kalau kamu lemah, karena kuat dan lemah selamanya itu memang beriringan. Kamu hanya perlu hidup sebagai seseorang, yang bisa kuat dan bisa lemah, bisa mengucurkan keringat dan mengucurkan air mata.

Tidak perlu sirik akan kesuksesan orang lain, kalau kamu tidak mampu melakukan, itu tidak memalukan. Di dunia ini, pasti ada hal yang kamu kuasai, kamu perlu mencari bagianmu itu, tanpa harus berusaha untuk meraih apa yang diraih orang lain.

Yang paling penting, orang yang dewasa tidak akan menyusahkan orang lain!

Sumber (Lucu)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *