Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Kadang-kadang, tubuh kita sering muncul beberapa penyakit kecil, meskipun masalah tidak cukup serius pasti pengennnya pergi ke dokter untuk diperiksa, ada juga yang dibiarkan beberapa hari juga akan membaik dengan sendirinya, tapi masih ingin tau-kah? Apa penyebab dari penyakit-penyakit kecil ini?

Kali ini, mari kita kaji masalah-masalah kecil tersebut, seharusnya nutrisi apa yang dibutuhkan tubuh kita? 

1. Pergelangan Kaki Membengkak : Kekurangan kalium Kalium berguna untuk menyeimbangkan tekanan darah, menjaga keseimbangan Asam Acid dan Alkali pada tubuh, serta menyeimbangkan cairan pada tubuh dan menyimbangkan elemen penting lainnya. Kekurangan Kalium dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan Aritmia(sebuah gejala dari gangguan detak jantung) serta konduksi saraf yang tidak normal. Setelah melakukan olahraga yang berat yang menguras sebagian air kadar Ion Kalium di dalam tubuh, maka akan dengan mudah mengalami gejala kram otot. Dalam jangka yang lebih lama lagi, Anda akan menemukan salah satu bagian tubuh menjadi bengkak, terutama yang sangat jelas pada pergelangan kaki.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Ohh Ternyata Begitu Ya Boleh Nih Dipraktekin

Anjuran : Konsumsi-lah pisang yang teratur, kandungan Kalium pada pisang dapat mencegah kram. Jika Anda tidak suka pisang, ganti dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari yang dapat menambahkan Kalium pada tubuh. Seperti, alpukat, jambu merah, kiwi, pepaya, mangga, sukun, kentang, dll.

Gaul

2. Lambung Bermasalah : Kekurangan Vitamin A Rekomendasi harian: Asupan Vitamin A bagi pria 0,7 mg dan 0,6 mg bagi perempuan. Vitamin A tidak hanya merupakan elemen penting bagi perlindungan tubuh kita, tetapi Vitamin A juga memiliki peranan penting dalam membentuk senyawa lapisan pelindung pada pernafasan dan pencernaan, Vitamin A juga dapat mencegah bakteri atau zat-zat berbahaya yang masuk langsung ke tubuh kita. Oleh karena kekurangan vitamin A, fungsi penglihatan menjadi berkurang pula, sama dengannya pernapasan dan pencernaan.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Ohh Ternyata Begitu Ya Boleh Nih Dipraktekin

Anjuran: Tambahkan pada menu harian anda dengan wortel, atau makan 1 sampai 2 kali seminggu ampela(empela) hewan.

3. Sariawan atau Mulut Pecah-Pecah : Kekurangan Vitamin B2 Saran asupan harian: Laki-laki sekitar 1,3 mg dan sekitar 1,1 mg untuk Wanita. Jika ada luka atau sariawan sekitar rongga mulut, biasanya kondisi ini pada tubuh kita kekurangan Vitamin B2 yang peranannya membantu tubuh dalam menutupi dan memperbaiki luka pada rongga mulut. Selain itu, kombinasi Vitamin B kompleks juga memiliki peran penting yang bermanfaat dalam menjaga kualitas kulit, rambut dan kuku. Namun, Vitamin B2 tidak dapat tersimpan selamanya dalam tubuh, oleh karena itu tubuh harus sering diberikan asupan makanan atau suplemen gizi yang mengandung Vitamin B2.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Anjuran: Minum 250 ml susu setiap harinya, ini dapat membantu asupan Vitamin B2. Lalu makanan nabati, seperti jamur-jamuran, kacang, wijen, almond yang kaya akan Vitamin B2.

4. Kurang Napsu Makan: Kekurangan Zinc (Seng) Rekomendasi asupan harian : Sekitar 5,5-9,5 mg untuk Laki-laki dan untuk Wanita sekitar 4 sampai 7 mg. Kekurangan Zinc pada tubuh dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia, kehilangan nafsu makan, pertumbuhan terhambat, rambut rontok, hingga penurunan fungsi indra perasa.

Jadi, jika saat Anda makan terasa hambar-hambar saja, atau luka yang lama pulih, kita harus berhati-hati mungkin merupakan ini tanda dari kurangnya Zinc dalam tubuh.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Anjuran : Daging sapi, kambing dan daging merah lainnya yang kaya akan senyawa Zinc(Seng). Anjurannya adalah dengan mengkonsumsi 8 ons daging merah per minggu diyakini sudah cukup untuk menambahkan kadar Zinc.

5. Emosi Tidak Teratur : Kekurangan Zat Besi Kekurangan Zat Besi bukan hanya akan terserang Anemia saja, tetapi emosi sering berubah-ubah, dan mudah emosional. Alangkah baiknya, direkomendasikan per hari kadar Zat Besi yang cukup bagi Pria adalah 8,7 mg dan 14,8 mg bagi wanita. Zat Besi merupakan unsur penting yang membantu memproduksi sel-sel darah merah dalam tubuh, bagi perempuan Zat Besi sangat berguna dalam periode menstruasi, Zat ini dapat menggantikan sel-sel darah yang lama tersebut dengan sel-sel darah yang baru lagi. Peranan penting lainnya , di saat cenderung memiliki semangat yang buruk, mudah merasa depresi depresi dan gejala lainnya, Zat Besi dapat menghasilkan senyawa Serotonin yang membantu perasaan menjadi lebih baik.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Anjuran : Seperti daging merah, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Ingat juga untuk menambah asupan vitamin C, agar tubuh dapat menyerap Zat-zat Besi tersebut.

6. Sakit dan Nyeri pada Bagian Tubuh: Kekurangan Vitamin D Biasanya kurangnya mendapat paparan sinar matahari atau juga kekurangan vitamin D, mudah menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh. Vitamin D dalam tubuh tidak dapat mensintesis dirinya sendiri tanpa bantuan sinar matahari, Vitamin D sendiri berperan penting dalam pertumbuhan tulang, gigi, serta kulit Anda.

Sering Merasa Mulut Kering Sariawan Sakit Disana Sini? Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Nutrisi Ini

Anjuran: Konsumsi ikan yang memiliki konsentrat minyak baik, Omega-3, seperti Salmon, Sarden, Tuna dan ikan lain-lainnya. Ditambah dengan khasiat paparan sinar matahari untuk membantu tubuh dalam mensinstesis Vitamin D.

Selain itu, jika tubuh Anda memiliki masalah kecil lainnya, mungkin saja kekurangan beberapa nutrisi di bawah ini !

Mata kering: Kekurangan Vitamin A, Karoten

Bau Napas: Kekurangan Vitamin B6, Zinc(Seng)

Gigi Mudah Rapuh : Kekurangan Vitamin A, Kalsium, Zat Besi

Bibir Kering, Pecah-pecah: Kekurangan Vitamin A, B2

Anemia, Tangan dan Kaki Dingin: Kekurangan Vitamin B6, Asam Folat, Zat Besi

Kelelahan, Kurang Bersemangat : Kekurangan Vitamin B1, B2, B6

Rambut rontok, Ketombe: Kekurangan Vitamin A, B6, Zinc(Seng), Kalsium

Rambut Coklat : Kekurangan Vitamin E, Zat Besi

Lingkaran Hitam Mata: Kekurangan Vitamin A, C, E

Pigmentasi : Kekurangan Vitamin C, E, Asam Folat

Kulit Berkeriput : Kekurangan Vitamin A, C, E, Selenium

Kulit tidak Elastis : Kekurangan Vitamin B1, B2

Kulit kering, Pori-pori kasar: Kekurangan vitamin A, B6, Zinc(Seng)

Stunting (sebuah gejala menghambat perkembangan dan pertumbuhan) : Kekurangan Vitamin A, B1, B2

Penglihatan berkurang, Mata Sensitif terhadap Cahaya, atau Kering: Kekurangan Vitamin A, B1, B2, Selenium

Berkeringat, Keringat malam: Kekurangan Vitamin D, Kalsium, Zat Besi

Lidah keuungu-an, Sariawan: Kekurangan Vitamin B3, B6

Sumber (Bahaya)

Gaul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *